Minggu, 28 April 2013

Harga Bawang Putih Berangsur Turun Setiap Minggunya


Sukabumi- Sempat naik selama beberapa minggu kebelakang, kini harga bawang putih kembali berangsur  turun pada minggu-minggu ini menjadi Rp. 16 ribu/kg. “ Kurang lebih 3 pekan lau harga bawang putih sempat meroket sampai Rp.80-90 ribu., namun harga bawang putih minggu ke tiga di bulan April 2012  terus mengalami penurunan sampai Rp.18.ribu.” Ujar Kepala Diskoperindag Kota Sukabumi Dudi Fathul Jawad Kepada NERACA,Senin,(22/4).Kemarin.
Selain harga Bawang putih yang mengalami penurunan, lanjut Dudi,  Komoditi  lainnya seperti harga cabe rawit hijau dan merah juga ikut penurunan harga. Berbeda dengan komoditi cabe merah, daging ayam broiler dan telur ayam ras  yang mengalami kenaikan kisaran seribu hingga dua ribu rupiah “ Untuk cabe rawit merah dari Rp.35 ribu turun menjadi Rp.28 ribu /kg, sedangkan cabe rawit hijau dari Rp.20 ribu menjadi Rp.16 ribu per kilonya. “ Terangnya.
Sementara harga komoditi lainnya, lanjut Dia, tetap stabil , seperti harga beras Ciherang jenis IR 64 kw I dan II Jampang tetap di harga Rp.8000/kg.  Minyak goreng curah satbil  diangka Rp.9.200/kg. begitu juga dengan  harga gula pasir masih satbil di harga Rp.11.500/kg.
“ Hasil pantauan kami disejumlah pasar tardisional yang ada di Kota Sukabumi hari ini (kemarin_red), sejumlah bahan pokok kebanyakan tetap stabil bila dibandingkan dengan kenaikan dan penurunan harga” Terangnya.
Dijelaskan Dudi, Komoditi yang mengalami penurunan harga, disebabkan oleh permintaan komoditi tersebut mengalami penurunan dan pasokannya meningkat, sedangkan permintaan tetap, sehingga mengakibatkan harga terkoreksi turun “ .Ujarnya. Arya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar