Kamis, 22 November 2012

Dahlan Iskan : Dari Target 3,8 Juta Ton Beras, Pertengahan November Tahun Ini Bulog Sudah Mengumpulkan 3,5 Juta Ton


Sukabumi- Hingga pertengahan Bulan November tahun 2012, Badan Usaha logistic (Bulog) telah berhasil mengumpulkan sebanyak 3,5 juta ton dari target sebanyak 3,8 juta ton beras. Jika target itu bisa tercapai akhir tahun nanti , bangsa Indonesia tidak akan mengimpor beras.” Jika itu nantinya tercapai, baru pertamakali Indonesia sejak kurang lebih 20 tahun tidak impor beras”. Hal itu dikatakan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI, H. Dahlan Iskan pada ac ara tanam perdana program Gerakan Peningkatan Produksi pangan berbasis Korporasi (GP3K) Pupuk Kujang untuk musim tanam 2012-2013 di Kampung Bantar Karet Desa Cijaluangan,Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Kamis (22/11) kemarin. Hadir dalam kegiatan tersebut Direktur Utama PT. Pupuk Kujang  Bambang TjahjonoSekda Kabupaten Sukabumi Ajo Suharjono dan undangan lainnya.
Dikatakan Dahlan, untuk mewujudkan dan mendukung program nasional tersebut tidak bisa dilserahkan hanya kepada petani. Harus dilakukan  upaya perbaikan sistem pengelolaanya, cara menanam, memupuk dan benih yang baik. Selain itu,juga melibatkan BUMN, terutama yang berkaitan langsung dengan pertanian.
Dahlan menambahkan, sebagai daerah yang memiliki lahan persawahan cukup luas, Kabupaten Sukabumi berpotensi besar untuk mendukung program tersebut. “Saya sudah berkeliling beberapa kali di  Sukabumi,potensi untuk menghasilkan beras itu cukup besar. Ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya,”ujarnya

Dalam acara musim panen perdana tersebut, Dahlan Iskan  juga ikut menanam padi dengan sisitem jajar legowo 2-2 dengan sejumlah petani. “ Dengan cara legowo tersebut bisa meningkatkan hasil panen padi 30 % dengan luas yang sama dan itu sangat bagus sekali. Untuk itu saya meminta petani untuk lebih giat lagi.” Terangnya.
Sementara itu Direktur Utama PT. Pupuk Kujang Bambang Tjahjono dalam siaran persnya mengatakan,bahwa luas lahan yang menjadi tanggungjawab Pupuk Kujang sebesar 140 ribu ha yang akan dilaksanakan sebanyak 2 musim.masing-masing 70 ribu ha. Khusus untuk daerah Sukabumi, program GP3K PT Pupuk Kujang direncanakan mencakup lahan seluas 5,700 ha.
 “ Daerah pelaksanaan GP3K Pupuk Kujang tersebar di 18 Kabupaten dan Kota di jawabarat yang berada didearah sentra pertanian strategis, berpengairan teknis, semiteknis, sederhana dan irigasi serta lahan yang tidak sedang digunakan dalam sejenis.” Terangnya.
Dalam kesempatan tersebut juga PT.Pupuk Kujang menyerahkan bantuan kepada para petani seperti pupuk NPK Kujang, benih padi unggul dan berbagai sarana produksi padi (Saprodi.). (Arya)           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar