Rabu, 27 Maret 2013

Dinsostek Akan Bangun RSAJ


Sukabumi- Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi melalui Dinas Sosial Tenaga Kerja (Dinsostek) tahun depan berencana akan membuat rumah singgah anak jalanan (RSAJ). “ Kota Sukabumi belum miliki RSAJ, untuk itu Dinsostek merencanakan di tahun 2013 akan mewujudkan itu.” Ujar Kepala Dinsostek Kota sukabumi Adang Taufik kepada sejumlah wartawan usai menggelar acara dengan puluhan Anak jalanan (Anjal) di Aula Dinsotek Kota sukabumi. Selasa,(26/3). Kemarin.
Dikatakannya, rencana akan dibangunnya RSAJ tersebut setidaknya bisa menampung sejumlah Anjal yang semakin hari semakin bertambah. “ Diharapkan dengan adanya RSAJ tersebut, bisa menampung aspiriasi mereka, karena di RSAJ tersebut mereka akan dibimbing dan di arahkan  “. Ujarnya.
Untuk itu pihaknya akan mencoba mengusulkan rencana tersebut untuk lebih dimatangkan termasuk dari segi tempat dan pembiayaan. “ Pembangunan RSAJ itu bukan hanya perlu anggaran yang cukup besar serta lahan yang luas, namun dukungan semua pihak.” Ujarnya.
Ketika disinggung mengenai berapa anggaran setiap tahunnya untuk menangani masalah sosial di Kota sukabumi, Adang menuturkan, permasalahan yang ditangani di kantornya sebanyak 26 item  diantaranya Anjal, anak terlantar dan wanita tuna susila (WTS)dengan anggran dari APBD kota sukabumi setiap tahunnya Rp. 400 juta. “ Memang kalau idealnya anggran untuk penganan masalah sosial sekitar tiga kali lipat atau sebesar Rp.1,2 milliar.”Ujarnya.
Sementara itu Ketua Komisi III DPRD kota Sukabumi H.Yayan Suryana sangat mendukung bila di kota Sukabumi secepatnya akan dibangun RSAJ. Pasalnya, dampak positif adanya RSAJ tersebut  paling tidak untuk tempat mengaktualisasikan para Anjal secara tidak liar. “  Kehadiran RSAJ juga akan melahirkan kenyamanan, keamanan serta ketentraman bagi seluruh masyarakat.” Ujarnya.
Bagi dirinya, kehadiran RSAJ juga merupakan sarana untuk melihat potensi-potensi mereka yang seterusnya akan diarahkan. Saya yakin para Anjal mempunyai potensi yang tidak terjaring oleh kita, terbukti Anjal yang mempunyai ke ahlian dibidang seni tak sedikit berhasil dan menjadi orang terkenal.” Ujarnya.
Sebenarnya lanjut yayan, DPRD Kota Sukabumi melalui Komisi III dan juga mitra DInsostek sudah jauh-jauh hari di rencanakan agar secepatnya pemkot Sukabumi memiliki RSAJ.” Ditahun 2011 kita sudah membahas RSAJ tersebut.” Ujar yayan.  Arya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar