Rabu, 27 Maret 2013

Lahan Eks Pertamina Masih Tetap Dalam Pembahasan


Sukabumi - Pembahasan lahan milik eks PT. Pertamina untuk dijadikan pasar Tradisional oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi, sampai saat ini belum ada kejelasan pembahasan tersebut.. Bahkan, jauh-jauh hari Pemkot dan  DPRD Kota Sukabumi  melalui Komisi I sudah mendatangi Perusahaan milik BUMN tersebut.
Seperti yang dikatakan oleh sekretaris Komisi I DPRD Kota Sukabumi Eeng I Ruswandi, pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan PT. Pertamina beberapa waktu lalu, agar lahan eks Pertamina di Jalan Didi Sukardi tersebut bisa digunakan oleh Pemkot Sukabumi untuk dijadikan pasar tradisional. “ Kita datang kesana apakah bisa direalisasikan atau tidak. Dan sistemnya seperti apa kalau nantinya disetujui oleh BUMN tersebut.” Jelas Eeng kepada NERACA usai rapat LKPJ Walikota Sukabumi tahun anggran 2012 di gedung DPRD Kota Sukabumi. Senin, (25/3). Kemarin.
Dikatakannya, DPRD sangat mendukung sekali rencana Pemkot Sukabumi untuk menggunakan lahan pertamina tersebut. Namun jangan lupa juga harus ada kajian yang matang serta mengacu kepada Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). “ Nantinya jangan ada permasalahan kalau itu digunakan oleh Pemkot untuk pasar tradisional. Jadi kesepakatannya harus jelas.” Katanya.
Ditandasakan Eeng, kalau seandainya tempat tersebut sah digunakan, dia juga tidak mau kalau nantinya terjadi berkurangnya pembeli sehingga mengakibatkan kerugian pedaganag.” Jadi Pemkot harus benar-benar mengkajinya, apakah lahan tersebut bisa menampung seluruh jumlah pedagang pasar maupun pedagang kai lima (PKL) serta apakah tempat tersebut bisa menaikan pemasukan sipedagang,.” Ujarnya.
Namun Eeng juga berharap, adanya lahan baru untuk para pedagang, setidaknya mampu mengurangi permasalahan penanganan pedagang pasar maupun PKL. Karena permasalahan para pedaganagn di Kota Sukabumi  yaitu terbatasnya lahan  menjadi masalah utama dalam penataan pedagang di perkotaan. “ Kalau saya melihat sih  lokasi tersebut memang strategis, dan masih dipusat kota. Mudah-mudahan ini jadi solusi,” Katanya.
Sementara itu secara singkat Kepala Badana Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kota Sukabumi H. Hamdan menjelaskan, Pemkot Sukabumi sudah mengkonfirmasikan dengan pihak PT. Pertamina, namun sampai sekaranag belum ada keputusan. “ Masih dalam pembahasan.” Ujarnya. (Arya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar