Jumat, 25 Januari 2013

Kota Sukabumi Miliki Running Tek


Sukabumi-  Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi kini miliki papan running tek untuk keperluan harga Sembilan bahan pokok (sembako). Papan running tek tersebut disumbang dari Bank Indonesia (BI) yang sebelumnya telah dilakukan melalui Memorandum of Standing (MoU) antara Walikota Sukabumi dengan pihak BI wilayah Jawa Barat (Jabar).
Kabag Perekonomian Kota sukabumi Gabriel Sukarman kepada NERACA  menjelaskan, Kota Sukabumi termasuk 7 Kota di Jabar yang mendapatkan bantuan papan running tek tersebut dari BI. Ke tujuh Kota tersebut yaitu, Kota Bandung, Bogor, depok bekasi, Cirebon, Tasik Malaya dan Kota Sukabumi. “ Di Kota Sukabumi Papan tersebut sudah dipasang di jalan Jaenal Jakse dengan ukuran 40x3 meter.  ” Ujarnya kepada NERACA diruang kerjanya,.  Kemarin.
Dia menambahkan, meskipun sudah dipasang namun saat ini belum bisa dioperasikan, sebab masih menunggu kelengkapan perangkat lainnya. “ Inikan online , jadi kita masih menunggu sarana pendukung lainnya,seperti komputer dan perangkat lainnya untuk mendukung jalannya Papan Running Tek tersebut.” Ujarnya.
Ditambahkannya, nantinya sistem pengelolaanya diserahkan kepada bagian Perekonomian, pasalnya Kota Sukabumi sudah memiliki Tim Pemantau Inflasi Daerah (TPID) yang saat ini segala informasi ada di bagian Perekonomian sehingga semua pengelolaannya diserahkan kepada kami.” Kita tinggal meminta atau mendapatkan daftar harga sembako dari Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) yang sudah dievaluasi harga sembako di semua pasar tradisional yang ada di Kota Sukabumi  setiap minggunya”.Ujarnya.
Dengan adanya papan running tek tersebut tambah Gabriel, tujuannya untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang perkembangan startegis harga sembako. “ Setelah berfungsi papan running tek tersebut, selain bermanfaat kepada masyarakat juga diharapkan pedagang tidak bisa menaikan harga semena-mena.” Ujarnya.
Berkaitan dengan inflasi di Kota Sukabumi , Gabriel mengungkapkan, pada tahun 2010 tingkat inflasi di Kota Sukabumi mencapai 5,43 %, tahun 2011, 4,26 % dan tahun  2012 3,98 % . “ Setiap tahunnya inflasi di Kota Sukabumi terus mengalami penurunan.” Ujarnya.
Selain itu juga kata Dia, pergerakan ekonomi di Kota Sukabumi menuinjukan kemajuan yang signifikan, ini bisa dibuktikan dengan tumbuhnya dunia perbankan di Kota Sukabumi. “  hampir 27 lebih Bank yang sudah berdiri di Kota Sukabumi. Berarti   Perbankan dan lembaga keuangan memiliki kepercayaan kepada masyarakat Kota Sukabumi.  Begitu juga dengan pertumbuhan pusat pembelanjaan , hal itu juga menunjukan daya beli masyarakat kota sukabumi sangat tinggi.” Ujarnya. Arya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar