Selasa, 07 Agustus 2012

DP 4 Kota Sukabumi Siapkan 6 Liang Lahat

Sukabumi- Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi melalui Dinas Pengelolaan Persampahan, Pertamanan dan Pemakaman (DP4) Kota Sukabumi, sedikitnya telah menyiapkan 6 liang lahat untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat serta mengantisipasi kalau ada warga masayarakat yang meninggal di hari raya Idul fitri."    Adapun ke-6 liang lahat tersebut, berada di 3 Tempat Pemakaman Umum (TPU), yakni di TPU Binong, TPU Taman Rohmat dan  TPU Taman Bahagia masing-masing,2 liang lahat. " Ujar kabidPemakaman DP4 Kota Sukabumi, H. Dede Nurdin kepada NERACA diruang kerjanya Selasa,(07/8)
Dikatakan dia, setiap tahun pihaknya selalu mempersiapkan liang lahat tersebut dengan tujuan  berupaya meningkatkan  pelayanan pemakaman jenazah, bagi warga masyarakat khususnya yang membutuhkan liang lahat untuk pemakaman keluarganya," Kalau ada masyarakat yang meninggal dunia dan dimakamkan pada hari lebaran  kami siap melayaninya. Selain itu juga diharapkan dengan disiapkannya ke-6 liang lahat tersebut, keluarga yang ditinggalkan tidak perlu bersusah payah mencari lokasi tempat pemakaman," Katanya.
Ketika ditanya berapa biaya restribusi pemakaman Dede menjelaskan, tahun kemarin sebelum ada perubahan  untuk pemakaman non muslim Rp.75 ribu namun setelah ada perubahan perda pemakaman untuk non muslim turun Rp.25 ribu  dan untuk biaya pemakaman muslim tidak berubah. Dia menambahkan, Perda lama dirubah menjadi perda baru yaitu nomor  5 tahun 2012 tentang restribusi pelayanan pemakaman dan pengabuan mayat. " Perda lama untuk pemakaman non muslim Rp.75 ribu setelah ada perda baru menjadi Rp.50 ribu kalau pemakaman untuk muslim tidak berubah masih sama Rp.50 ribu," Ujarnya. 
Dengan demikian lanjut dia, apabila ada warga masyarakat Kota Sukabumi yang meninggal dunia pada Hari Raya Idul Fitri Tahun 2012 sekarang , pihak keluarga yang ditinggalkan tidak akan sulit mencari tempat untuk pemakaman, karena sudah disiapakan oleh Pemerintah Kota Sukabumi, melalui Bidang Pemakaman DP4 Kota Sukabumi. " Kami siap melayani 24 jam " ungkapnya.(arya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar