Selasa, 28 Agustus 2012

Pasca Lebaran Harga Sembako Normal


Sukabumi- Pasca Idul Fitri 1433 Hijriyah harga sembako di pasaran kembali normal bahkan sebagian sembako ada yang mengalami penurunan harga dari harga normal. Pantauan NERACA di pasar tradisional Pelita Sukabumi dimana harga menjelang lebaran harga-harga sembako yang melambung kini kembali normal.
Kabid Perdagangan Dinas Koperasi perindustrian dan perdaganagan (Diskoperindag) Kota Sukabumi Wawan Dharmawan ditemui diruang kerjanya Selasa, (28/8) kepada Koran ini menuturkan, semual a menjelang lebaran harga yang mengalami kenaikan yang cukup signifikan kini kembali stabil. seperti harga daging sapi semula harga Rp.80 ribu /kg, kini kembali kerharga normal menjadi Rp. 75 ribu/kg atau mengalami penurunan sebesar 6,25 persen.
Begitu juga lanjut Wawan, harga daging ayam broiler semula Rp.30 ribu kini menjadi Rp.27 ribu/kg atau mengalami penurunan sekitar 10 persen, “ terjadinya harga daging sapi dan daging ayam mengalami penurunan, karea permintaan sedikit mengalami penurunan yang mengakibatkan harga terkoreksi turun”.Ujarnya.
Dikatakannya, Begitu juga dengan harga komoditi beras jenis IR 64 kwalitas II juga mengalami penurunan harga dari sebelumnya Rp.6.900 menjadi Rp.6.800 atau mengalami penurunan sebesar 1,45 persen. “ turunya harga komoditi ini karena pasokan dari daerah lain mengalami peningkatan karena memasuki masa panen, sehingga harga terkoreksi turun,” Ungkapnya.
Wawan menambahakan ,penurunan harga sembakao atau stabilnya harga sembako yang kembali normal, bukan hanya harga Daging, sapi,ayam dan beras saja, melainkan kebutuhan sembako lainnya. berdasarkan data hasil monitoring perkembangan harga eceran bahan pokok dan barang penting startegis lainnya di sejumlah pasar-pasar di Kota Sukabumi juga kemabali normal.
“ berdasarakan hasil monitoring kami di sejumlah pasar yang ada di Kota Sukabumi semua hartga kembali stabil,diantaranya, harga bawang merah, gula pasir,minyak curah dan tepung terigu kini kembali stabil. cuman untuk cabe merah mengalami penurunan sebesar Rp.13 ribu dari harga normal Rp.28 ribu, begitu juga dengan harga cabe rawit hijau mengalami penurunan sekitar Rp.3000 dari harga normal Rp.15 ribu rupiah.” Ungkap Wawan. (Arya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar