Rabu, 15 Agustus 2012

Ketua BAZ Kota Sukabumi: Tingkat Kesadaran Akan Zakat Masih Rendah


Sukabumi- Ketua Badan Amil Zakat (BAZ) Kota Sukabumi KH.Muchtar Ubaedillah mengatakan, tingkat kesadaran masyarakat terhadap zakat masih rendah. Hal tersebuit bias dibuktikan dari target capaian di tahun lalu hanya mencapai Rp 1,1 Miliar. Padahal, dilihat dari wajib zakat di Kota Sukabumi bisa mencapai Rp5 Miliar.
“ Untuk itu kita, kita sudah menyampaikan pemberitahuan kepada masyarakat sampai ketingkat RT/RW ,bahkan ke tingkat ibu-ibu pengajian dan lainnya agar membayar zakat melalui BAZ,” Ujar Ketua BAZ kepada NERACA beberap hari yang lalu.
Dikatakannya, untuk tahun, pihaknya menargetkan bisa mencapai 30 persen dari sekitar 250 masyarakat wajib zakat atau 1,5 Miliar. Untuk tahun ini, ada kenaikan dari tahun sebelumnya dimana  para wajib zakat dibabankan Rp 20 ribu/jiwa. “  ini memang ada kenaikan dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai angka Rp 17 ribu/jiwa.” Ungkapnya.
Sementara itu sekadar untuk diketahui lanjut Muchtar, hasil zakat yang dikelola oleh BAZ sudah disalurkan kepada para mustahik (Penerima Zakat.red). Seperti pada sektor pendidikan, pihaknya menitik beratkan kepada pemberian beasiswa dan bantuan bagi para santri duafa (kurang mampu), guru ngaji yang tidak mendapatkan bantuan dari Pemerintah ataupun Kementrian Agama, Madrasah Diniyah dan Majlis Ta’lim.” Kita juga sudah membangun rumah tidak layka huni. Yang penting pihakny sudah menyalurkan zakat kepada orang-orang yang benar membutuhkan,” Ujarnya. (Arya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar