Kamis, 18 Oktober 2012

Dinas Pertanian, Peternakan dan Ketahanan Pangan Kota Sukabumi Jamin Akan Kesehatan Hewan Qurban


Sukabumi-  Dinas Pertanian, Peternakan dan ketahanan Pangan Kota Sukabumi menjamin kelayakan kesehatannya  Hewan Qurban  jenis Sapi dan Kambing. Pasalnya, pemeriksaan terhadap hewan – hewan baik yang baru datang ataupun yang akan dijual oleh pedagang terus dilakukan kesetiap pedagang yang ada di Kota Sukabumi.
Selain itu setiap hewan yang akan dijual,  harus memiliki Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH)“  Kita jamin kesehatan hewan tersebut yang akan diptong untuk Qurban nanti, “ Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan kota Sukabumi  Ate Rahmat kepada NERACA usai menghadiri kegiatan di Ponpres Alfat ,Kamis, ( 18/10) kemarin.
Dijelaskannya, dijaminnya akan kesehatan Hewan tersebut, karena setiap jenis hewan yang datang ataupun yang ada di Kota Sukabumi harus jelas kepemilikannya   dan disertai SKKH dari daerah asal dan selama hewan tersebut berada di kota Sukabumi. “ makanya kita selalu memantau semua jenis hewan,apalagi hewan jenis Sapi dan Kambing untuk keperluan Qurban nanti, kita selalu intensif dalam pemeriksaan kesehatnnya. Bahkan sampai dengan pemotongannya.” Ujarnya.
Dikota Sukabumi sendiri lanjut Ate, ada 11 sampai 33 titik penjual Sapi dan 33 sampai 35 lapak penjual Kambing  ketika musim Idul Adha, dan semuanya kita pantau. Sedangkan tahun sekarang masayarakat yang membutuhkan Sapid an Kambing untuk qurban meningkat sampai 8% bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya. “ tahun ini mencapai 800 sampai 900 ekor Sapi dan 1900 sampai 2100 Kambing untuk keperluan Qurban Idul Adha nanti. “ Terangnya. (Arya)    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar