Senin, 01 Oktober 2012

Dinsostek PB Gelar Bursa Kerja


Sukabumi- Ratusan pencari kerja (pencaker) mengikuti sosialisasi bursa kerja yang berlangsung di Dinas Sosisal Tenaga Kerja dan Penanggulangan Bencana (Dinsostek PB), Kota  Sukabumi, Senin (01/10),kemarin. Para pencari kerja tersebut diambil dari dari seluruh Kelurahan se Kota Sukabumi. Hadir dalam sosialisasi tersebut pihak perusahaan diantaranya, Mandala Finance ,Percetakan Erlangga dan Eurogate.
“ Dari 200 calon pencari kerja yang diundang, 188 yang ikut hadir dalam kegiatan sosialisasi bursa  kerja ini.” Kata KepalaBidang (Kabid) Tenaga Kerja dan Transmigrasi Wahyu Setiawan.Kepada NERACA
DikatakanWahyu, dalamkegiatan ini dinas hanya sebagai fasilitator saja. Sedangkan penentuan perekrutan sepenuhnya ada pada perusahaan. “ Kami hanya mempertemukan antara pencari kerja dengan perusahaan. Nantinya para pencari kerja tersebut bisa memilih mana yang sesuai dengan persyaratan, serta kemampuannya kemudian perusahaanlah yang menentukan sesuai kebutuhan,”Ujarnya.
Dijelaskan Wahyu, tidak  semua pencaker diundang pada bursa tersebut.Sebab,sebagian besar perusahaan hanya membutuhkan usia produktif antara  18 hingga 25 tahun. “ kami memberikan kesempatan mereka yang baru lulus SMA dan Perguruan Tinggi.Jadi batasan usia sengaja dibatasi.”Kata Wahyu.
Wahyu menambahkan, kalau melihat data yang membuat surat keterangan permohonan pembuatan surat keterangan pencari kerja (kartu kuning), jumlah pencari kerja di Kota masih tinggi sekitar 9583 orang, Namun, setelah mereka bekerja tidak melapor kembali ke kami dan itu membuat Disnakertrans PB kesulitan untuk mendata. “ Seharusnya mereka lapor,kami tau berapa dari yang memohon kartu kuning yang diterima bekerja,”ujarnya.
Selain memfasilitasi untuk bekerja di perusahaan yang beroperasi di Kota Sukabumi, Disnakertrans PB juga membuka seleksi magang  ke Jepang, khusus untuk laki-laki. Peluang tersebut merupakan kerjasama antara Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) RI dengan IM Jepang. Perekrutan Pendaftaran dibuka tanggal 1 Agustus hingga 25 Oktober 2012 di Disnakertrans Propinsi Jabar . “ Pendaftar hanya bagi yang sudah berdomisili selama dua tahun di Wilayah Propinsi Jabar dan berusia antara 20 hingga 26 tahun,”jelasnya.  (Arya)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar