Minggu, 02 September 2012

Bendung Cibule Bantu Warga Di Musim Kekeringan


Sukabumi- Meskipun musim kekeringan berkepanjangan melanda , namun bagi warga Desa Caringin Kecamatan Gegerbitung Kabupaten Sukabumi diuntungkan dengan adanya keberadaan bangunan Bendung Cibule.
Keberadaan Bendung Cibule yang terletak di daerah kampung tersebut dapat memberikan manfaat bagi warga sekitar . Pasalnya, Bendung yang menampung aliran sungai Cimandiri mampu mengairi 200 hektare sawah dan memenuhi kebutuhan air bagi 500 KK dimusim kemarau ini. 
Seperti yang diungkapkan oleh salah satu anggota Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) setempat Dadi Supriadi, dimusim kemarau yang berkepanjangan Desa Caringin tidak lepas merasakan juga kekeringan, namun setelah adanya bangunan Bendung yang menampung aliran sungai Cimandiri setidaknya bisa membantu kebutuhan warga di daerah tersebut.” Manfaat Bendung Cibule ini sangat dirasakan oleh warga di desa kami. Bendung ini dapat mengatasi permasalahan warga terkait kekurangan air selama musim kemarau,”Ujarnya, Minggu (2/9). Kemarin.
Dikatakannya,  Bendung Cibule tersebut berguna untuk menampung dan menyalurkan air yang mengalir sepanjang Daerah Aliran Sungan (DAS) Cimandiri sehingga tidak ada air yang terbuang dengan percuma. Semua air yang tertampung di Bendung Cibule disalurkan ke saluran irigasi yang mengarah ke persawahan dan permukiman warga.” Dengan mempunyai panjang 170 meter dan kapasitas tampung 50 meterkubik, Bendung Cibule  mampu memenuhi kebutuhan akan air bagi warga yang tinggal di  wilayah RT 19, 20, 21, 23, dan 24 serta di RW 06 dan 07. Berbeda sebelum ada Bendung,  warga Desa Caringin selalu mengalami krisis air setiap musim kemarau,” katanya.
Sementara itu  Kepala Desa Caringin Hendra Hendrawan menjelaskan,  Bendung Cibule yang pernah jebol dan runtuh pada tahun 1993, secara tidak langusung ketika musim kemarau datang masayarakat dan sejumlah petani mengeluh. Sejak saat itu, pemerintah dan masyarakat desa setempat terus melakukan upaya pembangunan kembali,sampai akhirnya pemerintah pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengucurkan dana pasca bencana untuk membangun kembali Bendung Cibule.  
“ akhirnya Bendung Cibule yang pembangunannya selesai tahun ini dapat menjamin ketersediaan air  sepanjang tahun bagi warga Desa Caringin. Dan keberhasailan dalam membangun Bendung Cibule ini merupakan buah dari perjuangan  seluruh lapisan masyarakat dan Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi,karena itu kami atas nama warga Desa Caringin Kecamatan Gegerbitung menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Sukabumi  yang telah memperjuangkan dana dari pemerintah pusat untuk membangun Bendung Cibule. “ Ungkapnya.(Arya)
                     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar