Kamis, 27 September 2012

Jika TDL Naik, Akan Memicu Kepada Tingginya Harga Barang Dan Jasa


Sukabumi- Rencana Pemerintah atau Perusahaan Listrik Negara akan menaikan Tarif Dasar listrik (TDL) bukan hanya akan dirasaskan oleh masyarakat atau pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) saja,namun bisa berimbas kepada perekonomian didaerah.
 “ PLN merupakan produk jasa yang strategis yang menghidupi hajat banyak orang. Jika terjadi naik TDL tersebut jelas sangat berpengaruh kepada semua sektor termasuk perekonomian, yang pengaruhnya akan memicu peningkatan harga barang dan jasa lainnya.”. Hal tersebut diungkapkan oleh pemerhati ekonomi yang juga sebagai Ketua Yayasan Sekolah Tinggi Ilmu ekonomi (STIE) PASIM Sukabumi Kepada NERACA. Rabu, Kamis,(27/09). Kemarin.
Dikatakan Fajar, Selain akan memicu kepada tingginya harga barang dan jasa lainnya, juga akan meningkatkan inflasi dan mengurangi daya beli masyarakat. “ ujung-ujungnya tingkat kesejahteraan masyarakat akan ikut turun juga”.Ujarnya.
Fajar mengungkapkan, Jika alasanya menaikan TDL dikarenakan krisis finansial, seharusnya PLN bisa mengefesiensikan keuangan yang ada di PLN itu sendiri. “ Misalkan mengurangi unsure biaya yang tidak langsung berhubungan dengan PLN. Itu salah satu efesiensi anggaran.” Katanya.
Selain itu, tambah Fajar, PLN juga harus segera  membuat alternative energy pembangkit lain. Misalkan, mencipatkan pemabangkit listrik dari Bio Gas baik itu dari tanaman atau kotoran hewan. “ Sampai sekaranag PLN masih membeli tenaga listriknya dari orang asing. Bila tidak ada perubahan, TDL akan terus naik”.Kata Fajar.
Fajar mengungkapkan, meskipun saat ini PLN melakukan pemadaman bergiliran , dan itu bukan permasalahan yang baik, namun harus berpikir bagimana caranya PLN mendidik masyarakat  untuk kemandirian listrik masyarakat .” Kedepan PLN harus mempunyai program kemandirian masayarakat terhadap listrik . Dan mengenai pemadaman Listrik secara bergiliran karena kesulitan keuangan juga tidak sesuai dengan prionsip ekonomi yang tidak diimbangi oleh pelayanan.” Ujarnya.
Selain tidak setuju dengan rencana TDL, Fajar juga meninginkan PLN secepatnya melakukan efesiensi anggaran, berpikir untuk menciptakan energi listrik sendiri serta menciptakan program kemandirian masayarakat terhadap listrik. “ Saya tidak setuju sekali dengan rencana pemerintah dan PLN untuk menaikan TDL tersebut dan itu bukan solusi yang baik, namun manajemen PLN nya harus dirubah.” Katanya. (Arya)                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar