Kamis, 06 September 2012

Walikota Sukabumi: Kuota jemaah Haji Minta Ditambah


Sukabumi- Dikarenakan jumlah penduduk di kota Sukabumi bertambah , untuk itu Pemerintah Kota sukabumi meminta penambahan kuota  untuk jemaah haji.Hal tersebut diungkapkan oleh Walikota Sukabumi H.Mokh.Muslikh Abdussyukur usai menutup manasik haji tahun 2012 di gedung Juang 45 Kota Sukabumi Rabu,(05/09) kemarin
Dikatakannya, kalau dihitung berdasarkan jumlah penduduk Kota Sukabumi yang telah mencapai 230 ribu jiwa, maka kuota haji seharusnya sebanyak 350 jemaah, namun saat ini kuota haji masih tetap 240 orang.” Kalau kuota tidak ditambah,masa tunggu dan jumlah masuk waiting list (daftar tunggu) akan semakin banyak. Jadi sudah seharusnya kuota haji ditambah karena sudah tidak sesuai lagi dengan jumlah penduduk. Dan itu harus diperjuangkan.” Katanya.
Muslikh menambahkan, Calon jemaah haji Kota Sukabumi yang masuk waiting list  mencapai 1.590 orang. Jumlah tersebut setara dengan dengan enam kelompok terbang (kolter). Sedangkan masa tunggu hingga mencapai tahun 2017. “Kalau daftar sekarang, nanti setelah tahun 2017 baru bisa berangkat,”ujarnya.
Sementera Kepala Seksi Pelayanan  Haji dan Umroh, Kementerian  Agama Kota Sukabumi, H.E .Sutisna mengatakan, dari sebanyak  240 calon jemaah haji yang akan berangkat tahun ini, empat orang diantaranya masih ditunggu kepastiannya. Pasalnya, mereka  belum melunasi pembiayaan haji. Selain itu, sebanyak 17 calon jemaah haji meminta mutasi ke Bandung dengan alas an keluarga. “Untuk yang belum bayar kami masih menunggu hingga per 7 September.Kalau tidak dipenuhi maka  akan diberikan kepada yang masuk daftar tunggu sesuai urutan,”ujarnya. (Arya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar