Selasa, 17 April 2012

Anggota Komisi I Wahyudi Kelana : Pemkot Segera Menata Para PKL dan Pasar

Sukabumi- Anggota Komisi I DPRD Kota Sukabumi H.Wahyudi Kelana berharap pemkot Sukabumi segera menata Pedagang Kaki Lima (PKL) ada di atas trotoar  di sebagaian jalan raya ptotokol. Meskipun pemkot Sukabumi sudah menyiapkan lokasi di Pasar Pelita, namun dengan kondisi infrastruktur pasar Pelita sekarang sbisa dibilang semerawut.
“ Menurut analisis DPRD, Pemkot Sukabumi melalui Dinas terkait harus membuat dan menata pasar tradisional  yang modern, artinya rapih, bersih aman dan tertata,dan mengenai pedagang saya yakin mereka pasti akan mau pindah yang dulu berjualan di atas trotoar atau di bahu jalan-jalan raya kalau sudah melihat lokasi Pasar Pelita sudah ditata.” Ujar Yudi Kepada Neraca kemarin.
Dikatakannya,  Melihat kondisi pasar Pelita sekaranag, sudah tidak bias lagi di leweti oleh kendaraan, kerena selain semakin banyaknya para PKL berjualan menggunakan sebagain bahu jalan, juga, masayarakat lebih memilih ke tempat lain, yang kondisinya bagus dan tertata.
 “ kita bias ambil contoh pasar Cicurug dan Pelabuahn ratu  Kabupaten Sukabumi yang sudah tertata, selain bisa dilewati oleh kendaraan, juga terjadi peningkatan peningkatkan peputaran uang di pasar tersebut.” Terangnya.
Ditambahkannya, Selain menata kondisi pasar pelita, pemkot juga harus mempunyai kajian bangunan pasar pelita tersebut apakah bangunan tersebut masih layak atau tidak. “ Pemkot harus mendatanagkan tim ahli teknis untuk mengukur kekuatan bangunan pasar pelita tersebut, nantinya kan bisa terdeteksi oleh tim ahli teknis, berapa tahun lagi kekuatan Gedung tersebut, kalau kira-kira tinggal setahun lagi, pemkot harus siap-siap membangun kembali katrena bukan hanya membahayakan pedagang saja melainkan masayarakat juga .” Katanya.
Dikatakannya, apa yang menjadi kebaaggan dari pasar pelita tersebut, yang pasti saat ini pemkot Sukabumi memalui Dinas terkait harus segera membuat site plan tentang poenataan para PKL baik itu di luar pasar pelita ataupun di dalam pasar pelita.
 “ mengani setuju atau tidak setujunya para PKL dipindahkan tergantung bagaiman kita menyampaikan ataupun mensosialisasikannya kepada para pedagang. Dan saya yakin para PKL bisa diajak bekerjasama.” Jelasanya. (Arya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar