Minggu, 08 April 2012

Kelurahan Subang Jaya Kota Sukabumi bekonsep sentra Pertanian

Sukabumi- Berbagai terobosan dilakukan oleh Kelurahan Subang Jaya Kecamatan Cikole Kota Sukabumi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, diantaranya program  yang bergerak dalam bidang finansial, sosial dan ekonomi.Hal tersebut diungkapkan oleh Lurah Subangjaya Asep Koswara saat dihubungi Neraca lewat telepon selulernya.Kemarin

Dijelaskannya, Dibidang ekonomi saat ini sudah berjalan peternakan sapi sebanyak 60 ekor dan budidaya ikan lele yang dikelola murni oleh masyarakat dan penghasilan hasil produksinya juga diperuntukkan bagi masyarakat.

Bukan itu saja lanjut Aep, limbah kotoran sapi juga oleh masayarakat diolah menjadi pupuk dan bio gas, begitu juga limbah susu yang basi diolah menjadi penganan kerupuk. Sedangkan  disektor pertanian, saat ini Kelurahan Subangjaya menjadi sentra cabe dan sentra sayu mayur lainnya di wilayah Kota Sukabumi.

“ untuk centra Cabe memang dari dulu Subangjaya bisa disebut terkenal dengan hasil Cabenya dan sayur sayuran, takheran bila saat ini Kelurahan Sunga jaya menjadi centra di Kota Sukabumi.”Ujarnya.

Sementara itu Ketua Lembaga Pemberdayaan Masayarakat (LPM) Kelurhan Subang Jaya Amir Makhmud mengungkapkan,  Dengan berbagi program ekonomi, sosial dan finansial tak heran bila Keluarahn tersebut menjadi juara pertama lomba kelurahan tingkat Kota Sukabumi tahun 2012, salah satu penilaian yang paling menonjol terkait begitu besarnya peran aktif masyarakat dalam setiap program pembangunan termasuk peran berbagai pihak swasta yang peduli dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kelurahan Subangjaya. “Saat ini kita sedang mempersiapkan untuk mengikuti lomba tingkat Jawa Barat yang direncanakan bulan Juni mendatang,”katanya. (Arya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar