Kamis, 12 Juli 2012

Menjelang Puasa Harga Daging Ayam dan Telor Naik

Sukabumi- menjelang bulan Ramadhan yang tinggal beberapa minggu lagi, beberapa harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan di Pasar . Dari hasil pantauan NERACA di Pasar Pelita Kota Sukabumi Kamis,( 12/7) kemarin, harga Telur yang semula Rp.16.000/kg menjadi Rp.20.000/kg, begitu juga dengan daging Ayam yang mengalami lonjakan harga yang cukup signifikan dari Rp.16.000/kg menjadi Rp.30.000/kg.
Menurut salah seorang penjual ayam di pasar Pelita Utang (40) menjelaskan, naiknya harga daging ayam tersebut sudah dirasakan sejak dua bulan lalu, dan saat ini merupakan yang paling tinggi. Dampak dari naiknya harga tersebut juga bukan hanya dikeluhkan oleh para pembeli atau pelanggan saja, melainkan pedagang juga kena imbasnya terhadap turunya penjualan daging ayam, “ Bila harga Normal saya bisa menjual setiap harinya kurang lebih 2 kwintal, setelah mengalami kenaikan hanya mampu menjual 1 kwintal saja, bahkan bisa kurang dari 1 kwintal” Ujarnya.
Dirinya juga berharap, dengan adanya kenaikan harga pihak pemerintah melalui dinas terkait segera mengambil langkah untuk mengatasi kenaikan harga daging ayam tersebut.misalnya dengan memantau langsung ke Pasar atau melakukan operasi pasar (OP) serta mengeluarkan penetapan harga, “ Saya juga heran adanya harga kenaikan, sementara untuk stok daging ayam tidak ada masalah, apa mungkin dari peternaknya.” Imbuhnya.
Sementara itu salah seorang Ibu rumah tangga Dian (29) yang setiap minggunya sering membeli daging ayam untuk dikonsumsi keluarganya juga mengeluh, karena adanya kenaikan harga tersebut terpaksa tidak membeli daging ayam sehingga terpaksa membeli yang lain ,“ Satu minggu sekali keluarga saya mengkonsumsi daging ayam, namun setelah harganya naik, akhirnya saya tidak jadi membeli, dan terpaksa saya ganti dengan ikan Mas yang masih terjangkau dengan uang belanja saya, dan kenaikan tersebut membuat saya kaget.” Tuturnya.
Sedangkan untuk harga kebutuhan pokok lainnya seperti daging sapi masih dibilang relative normal Rp.70.000/kg, tapi tidak menutup kemungkinan H-3 menjelang bulan puasa akan terjadi kenaikan sekitar antara Rp.75.000-Rp.80.000/kg. Hal itu dikarenakn stock daging spi local saat ini sudah mulai kosong.
Khusus untuk komoditi lainnya mengalami penurunan harga seperti cabe keriting dari Rp. 20.000/kg menjadi Rp. 17.000/kg. Bawang merah dari Rp. 12.000/kg menjadi Rp. 10.000/kg, Gula Pasir semula Rp.13.000/kg menjadi Rp.12.500/kg.  Namun untuk harga minyak goreng (migor) Curah mengalami kenaikan Rp.500 rupiah dari semula RP.10.000/kg menjadi Rp. 10.500/kg. ( Arya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar