Kamis, 26 Juli 2012

Salah Satu Pengrajin Tempe Terpaksa Harus Mengeluarkan Satu Karyawannya


Sukabumi- Tingginya harga kacang kedelai membuat pengrajin tahu tempe terpaksa harus ikut menaikan harga tempenya, Pantauan Neraca di salah satu pedagang eceran di  pasar pelita Kota Sukabumi harga Tempe bisa mencapai Rp.7000 - Rp.8000 dari harga normal Rp.6000. namun ada juga yang tetap menjual harga normal tapi ukuran diperkecil dari ukuran biasa.
Menurut Jamal (35) pengrajin tempe di daerah  kampung Cijangkar Kelurahan Nanggeleng Kecamatan Citamiang Kota Sukabumi menuturkan, melambungnya harga kacang kedelai sangat merugikan usahanya, sebelum ada kenaikan harga, setiap harinya bisa membuat 450 kg tempe dengan keuntungan yang memuaskan, namun setelah ada kenaikan harga kacang kedelai dirinya hanya mampu membuat 400 kg tempe  setiap harinya,  “ selain berdampak kepada kurangnya produksi tempe, saya juga terpaksa harus memecat satu orang karyawannya serta  nombok setoran untuk modal .” Imbuhnya.
Dikatakannya, dirinya tetap menjual tempe dengan harga normal cuman ukuran tempenya dikurangi 30-40 %.  “ Karena tidak mau rugi, saya harus mengurangi ketebalan dan ukuran tempe.”  Ujarnya. Selain itu tambah dia, mulai bulan depan  semua pengrajin tempe dan tahu akan melakukan libur .” Mulai tanggal 1 Agustus tahun 2012 senua pedagang atau pengrajin Tempe dan Tahu di Sukabumi tidak akan berjualan artinya  tutup,” Ujarnya.
Tingginya harga Kacang kedelai tersebut membuat salah satu Anggota Komisi II DPRD Kota Sukabumi Bayu Waluya, memantau kesejumlah pengrajin tempe di wilayah Kota Sukabumi, ditemui usai melihat pengrajin tempe di Kecamatan Citamiang Kota Sukabumi, Bayu mengatakan DPRD Kota Sukabumi melalui Komisi II akan segera menulis surat kepada pemerintah pusat terkait tingginya harga kacang kedelai, pemerintah harus segera mengambil langkah cepat dengan adanya kejadian ini.
Bayu juga berharap kedepan pemerintah bisa bercocok tanam  kacang kedelai  di Indonesia, sehingga dengan begitu diharapkan tidak akan terjadi adanya kenaikan harga kacanag kedelai. “ Indonesia harus bisa bercocok tanam kacang kedelai,dan saya kira mampu.” Ujarnya (Arya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar